A.
Kalimat Transitif dan Intransitif
1)
Kalimat
Transitif
Kalimat
transitif adalah kalimat yang mempunyai obyek seperti: SPO, SPOK, KSPO.
Contohnya :
a)
Saya
menendang bola (SPO)
b)
Dia
memanjat pohon (SPO)
c)
Kamu
menggunting kertas (SPO)
d) Mereka melempar batu (SPO)
e)
Kami
mengerjakan PR (SPO)
f)
Ibu
memasak ikan (SPO)
g)
Saya
menyapu halaman di pagi hari (SPOK)
h)
Di
sekolah saya belajar matematika (KSPO)
i)
Saya
sedang minum kopi di café (SPOK)
j)
Ibu
menyapu lantai di rumah (SPOK)
2)
Kalimat
Intransitif
Kalimat intransitif adalah kalimat yang tidak mempunyai obyek seperti :
SP, KSP, SPK.
a)
Saya
bernyanyi.(SP)
b)
Dia
tidur.(SP)
c)
Kalian
berlari.(SP)
d) Mereka berjalan.(SP)
e)
Kami
sedang mandi.(SP)
f)
Saya
sedang makan (SP)
g)
Kami
sedang menulis (SP)
h)
Di
Kamar kami bermain (KSP)
i)
Guru
mengajar di Sekolah (KSP)
j)
Pemburu
itu sedang menembak (SP)
B.
Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif
1)
Kalimat Aktif
Kalimat aktif
adalah kalimat
yang subjeknya aktif melakukan sesuatu.
a)
Rani sedang menyiram tanaman. (SPO)
b)
Danu membeli buku pelajaran (SPO)
c)
Kakak sedang membaca buku. (SPO)
d) Ibu
sedang memasak nasi di Dapur. (SPOK)
e)
Ayah memakan ikan bakar. (SPO)
f)
Saya bermain bola basket di lapangan.
(SPOK)
g)
Adik sedang menonton televisi. (SPO)
h)
Rina sedang mendengar musik. (SPO)
i)
Afit sedang memakai sepatu. (SPO)
j)
Kakak sedang belajar matematika. (SPO)
2)
Kalimat
Pasif
Kalimat pasif adalah kalimat subjeknya dikenai
sesuatu pekerjaan.
a)
Tanaman sedang disiram Rani. (OPS)
b)
Buku pelajaran dibeli Danu. (OPS)
c)
Buku sedang dibaca Kakak. (OPS)
d)
Nasi sedang dimasak Ibu di Dapur. (OPSK)
e)
Ikan bakar sedang dimakan Ayah. (OPS)
f)
Bola Basket sedang dimainkan Saya di
Lapangan. (OPSK)
g)
Televisi sedang ditonton Adik. (SPO)
h)
Musik sedang didengar Rina. (OPS)
i)
Sepatu sedang dipakai Afit. (OPS)
j)
Matematika sedang dipelajari Kakak.
(OPS)
C.
Kalimat S, P, O, Pelengkapnya dan
Keterangan
Kalimat dasar
tipe ini memiliki unsur subjek, predikat, objek, pelengkap, dan keterangan.
subjek berupa nomina atau frasa nominal, predikat berupa verba intransitif,
objek berupa nomina atau frasa nominal, pelengkap berupa nomina atau frasa
nominal, dan keterangan berupa frasa berpreposisi. Misalnya:
a)
Rudi
mengirim Ibunya uang setiap bulan.
b)
Saya
menyiram tanaman dengan air setiap pagi.
c)
Saya
belajar gitar dengan Hardi di Rumah.
d)
Ayah
mengajar murid-murid SMP setiap Senin.
e)
Kakak
membuat gelas untuk dijual di Rumah.
f)
Andi
mengambil adiknya rapor dari Sekolah.
g)
Arif
memberi ikannya makan di akuarium.
h)
Paman
membelikan adik mainan kemarin
i)
Siska
membayar Rani makan di Café.
j)
Ridho
belanja sayur bersama ibu di Pasar.
D.
Desain Pembuatan Media Pembelajaran
Dalam pemanfaatan media pembelajaran, seorang guru harus
benar-benar bisa memilih media yang tepat dan yang dapat menunjang
ketercapaiannya kondisi belajar yang efektif bagi para siswa, dan juga dari
segi biaya media tersebut dapat dijangkau oleh guru, artinya media-media yang
akan digunakan meski tidak mahal dan sederhana tetapi dapat membuat proses
pembelajaran berlangsung dengan efektif, disamping itu juga menguntungkan bagi
guru dan siswa, yang mana dengan adanya media guru lebih mudah dalam
menyampaikan materi pelajaran dan siswa dapat
lebih mudah mengerti dan memahami materi yang sedang di sampaikan oleh
guru.
Untuk mendapatkan media yang tidak mahal tapi dapat
mengefektifkan proses belajar mengajar guru bisa membuat sendiri media pembelajaran
tersebut. Sebelum guru membuat media pembelajaran sendiri, menurut Rohmat
(2000:24) seorang guru hendaknya memiliki tiga kemampuan yang diperlukan antara
lain:
-
Guru
harus menguasai bidang studi
-
Guru
harus mampu/dapat menyusun desain pembuatan media
-
Guru
harus menguasai teknik pembuatan media
Salah satu media pembelajara yang sederhana, tidak terlalu
mahal dan dapat mengefektifkan proses belajar mengajar adalah dengan media OHP
yang mana materi yang akan disampaikan dapat ditulis sendiri oleh guru diatas
beningan(plastik transparent). Dalam mendesain materi diatas beningan ini,
pertama-tama yang dibutuhkan oleh guru adalah ide materi yang akan disampaikan,
merumuskan tujuan pembelajaran, menentukan kerangkai isi bahan pelajaran,
membuat sket/story board tentang materi yang akan ditulis diatas beningan.
Aplikasi: misalnya guru akan membahas mata pelajaran fiqih
tentang puasa, guru dapat membuat sleek materi yang akan disampaikan dan mendesain media pembelajaran dengan OHP.
0 komentar:
Posting Komentar