Selasa, 24 Juni 2014

Mengubah Teks Laporan Menjadi Teks Prosedur Kompleks



MENGUBAH TEKS LAPORAN MENJADI TEKS PROSEDUR KOMPLEKS

1.        Pengertian Teks Laporan
Teks laporan disebut juga teks klasifikasi karena teks tersebut memuat klasifikasi mengenai jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu. Teks laporan sering dianggap sama dengan teks deskripsi. Sebenarnya, teks laporan dan teks deskripsi berbeda. Perbedaan yang paling menonjol di antara keduanya terletak pada sifatnya, yaitu bahwa teks laporan bersifat global dan universal, sedangkan teks deskripsi bersifat unik dan individual.
Teks laporan lebih menekankan pada pengelompokan berbagai hal ke dalam jenis-jenis sesuai dengan ciri-ciri setiap jenis pada umumnya. Teks laporan berkaitan dengan hubungan berjenjang antara sebuah kelas dan sub-subkelas yang ada di dalamnya.
·           Ciri-ciri Teks Laporan.
1.        Bersifat global dan universal
2.        Teks tersebut memuat klasifikasi mengenai sesuatu berdasarkan kriteria tertentu
3.        Obyek yang di bicarakan adalah objek tunggal
4.        Merupakan hasil penelitian terkini
5.        Seluruh hal yang disebutkan tidak secara implisit
6.        Mengunakan bahasa indonesia yang baik dan benar sesuai ejan bahasa indonesi 
7.        Tidak ada penutup/simpulan dari pengarang
·           Contoh Teks Laporan
Burung Jalak Bali
Jalak Bali (Leucopsar rothschildi) adalah sejenis burung kicau berukuran sedang, dengan panjang lebih kurang 25cm, dari suku Sturnidae. Ia turut dikenali sebagai Curik Ketimbang Jalak. Jalak Bali memiliki ciri-ciri khusus, di antaranya memiliki bulu yang putih di seluruh tubuhnya kecuali pada ujung ekor dan sayapnya yang berwarna hitam. Bagian pipi yang tidak ditumbuhi bulu, berwarna biru cerah dan kaki yang berwarna keabu-abuan. Burung jantan dan betina serupa.
Endemik Indonesia, Jalak Bali hanya ditemukan di hutan bagian barat Pulau Bali. Burung ini juga merupakan satu-satunya spesies endemik Bali dan pada tahun 1991 dinobatkan sebagai lambang fauna Provinsi Bali. Keberadaan hewan endemik ini dilindungi undang-undang.
Jalak Bali ditemukan pertama kali pada tahun 1910. Nama ilmiah Jalak Bali dinamakan menurut pakar hewan berkebangsaan Inggris, Walter Rothschild , sebagai orang pertama yang mendeskripsikan spesies ini ke dunia pengetahuan pada tahun 1912.
Karena penampilannya yang indah dan elok, jalak Bali menjadi salah satu burung yang paling diminati oleh para kolektor dan pemelihara burung. Penangkapan liar, hilangnya habitat hutan, serta daerah burung ini ditemukan sangat terbatas menyebabkan populasi burung ini cepat menyusut dan terancam punah dalam waktu singkat. Untuk mencegah hal ini sampai terjadi, sebagian besar kebun binatang di seluruh dunia menjalankan program penangkaran jalak Bali.
Jalak Bali dinilai statusnya sebagai kritis di dalam UNCI Red List serta didaftarkan dalam Cites Appendix I.

2.        Pengertian Prosedur Kompleks
Prosedur Kompleks adalah jenis teks yang berisi langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Langkah-langkah itu    biasanya tidak dapat dibalik-balik, tetapi apabila teks prosedur mengandung langkah-langkah yang dapat dibalik-balik, teks tersebut disebut protokol.
·           Ciri-ciri Teks Prosedur Kompleks
1.        Menggunakan pola k.alimat perintah yang berupa kata kerja tanpa imbuhan –me,partikel -lah , dan kata larangan yaitu jangan
2.        teks prosedur kadang-kadang menggunakan bentuk saran
3.        kalimat yang digunakan harus jelas, logis, dan singkat
·           Contoh Teks Prosedur Kompleks
Cara Pemakaian Modem Pada komputer
Cara Menyambungkan Komputer dengan Internet Menggunakan Modem Eksternal
                             i.          Dewasa ini, internet merupakan media paling revolusioner. Banyak pengembangan-pengembangan pada internet, salah satunya adalah perkembangan akses internet menggunakan modem eksternal. Bagaimana cara menyambungkan internet menggunakan Modem ? Berikut langkah-langkahnya :
                           ii.          Pertama, siapkan satu unit computer dan modem eksternal usahakan modem dalam keadaan baik dan sudah diisi pulsa. Pastikan juga terdapat port yang bisa digunakan untuk menyambungkan modem dan pastikan pula, computer menyala.
                         iii.          Jika modem dan computer siap, colokkan modem pada port. Lalu computer akan secara otomatis mendeteksi keberadaan modem.
                         iv.          Selanjutnya, bila modem sudah terdeteksi maka program modem akan muncul dan kita bias langsung menyambungkan computer ke internet. Namun, bila program modem belum terinstal maka kita harus menginstalnya terlebih dahulu. Bukalah modem, lalu klik setup installer modem (program untuk menginstal modem). Selanjutnya, tunggu sampai proses pemasangan selesai dan program modem siap digunakan.
                           v.          Lalu, bukalah program modem dan klik “connect” untuk memulai proses penyambungan. Setelah proses penyambungan berhasil maka internet siap digunakan.
pembahasan
Struktur      :
1.   Judul
2.   Tujuan
3.   Pendahuluan
4.   Langkah-langkah
5.   Penjelasan setiap Langkah-langkahKarakter          :
·           Menggunakan kalimat perintah
·           Menggunakan konjungsi
a.          Sebagai penunjuk urutan          : Selanjutnya, Lalu, dll.
b.         Sebagai penunjuk syarat           : Jika

3.        Mengubah Teks Laporan Menjadi Teks Prosedure Kompleks
Bacalah teks berikut ini dengan teliti. Sambil membaca, identifikasilah apakah teks tersebut adalah teks prosedur. Kemudian, kerjakan tugas-tugas yang mengikutinya sesuai dengan petunjuk yang diberikan!
Langkah  Pelestarian  Binatang  Langka       
a.         Meskipun pemerintah melarang transaksi spesies binatang langka, dalam  praktiknya populasi binatang yang dilindungi makin berkurang. Dengan beragam motif, manusia makin berusaha memiliki secara pribadi binatang-binatang langka tersebut. Apalagi, ketika pasar domestik atau pasar internasional berani membeli spesies binatang langka dengan harga tinggi, makin tinggi pula pelanggaran terhadap larangan memperjualbelikan binatang langka tersebut.
b.         Untuk itu, diperlukan langkah terintegrasi dalam proses pelestarian binatang langka tersebut. Itu merupakan upaya untuk menjaga agar binatang-binatang tersebut tetap lestari sehingga keberadaan binatang-binatang itu dapat dilihat oleh generasi penerus. Beberapa langkah yang harus dilakukan dalam usaha pelestarian binatang langka, antara lain, adalah sebagai berikut
·      Memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang pentingnya pelestarian binatang langka untuk tetap hidup di habitatnya. Dengan demikian, manusia tidak lagi mengusik keberadaannya dan menjaga binatang langka tersebut untuk tetap hidup di habitat aslinya. Proses pelestarian binatang langka pada akhirnya akan menjadi tanggung jawab bersama. Apabila langkah itu dapat dilaksanakan, spesies binatang langka akan dapat diselamatkan.
·      Mendukung setiap aktivitas pelestarian binatang langka yang dilakukan oleh lembaga pelestarian lingkungan. Caranya dengan membantu kampanye serta memberikan dukungan finansial dan moral. Itu sebenarnya juga merupakan langkah pendidikan walaupun dalam format global. Tentu saja langkah pertama bisa dilakukan pemerintah sebagai wujud kepeduliannya untuk selalu mendukung aktif setiap upaya pelestarian binatang langka ini.
·      Membuat tempat penangkaran bagi hewan-hewan langka agar dapat berkembang biak untuk selanjutnya melepas hewan-hewan itu ke alam bebas agar dapat hidup secara alamiah. Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, memang terus memperbanyak langkah-langkah ini. Dalam proses pendidikan kepada masyarakat, tentu saja langkah-langkah penting yang dilakukan pemerintah ini harus dipahami bersama oleh seluruh lapisan masyarakat agar jangan sampai terjadi, pemerintah melindungi dan menangkarkan, tetapi ketika dilepas ke alam bebas, masyarakat tetap menjadi pemangsa dengan berbagai macam alasan.
·      Tidak melakukan perburuan binatang langka dan melaporkan setiap aktivitas perburuan binatang langka tersebut kepada pihak berwajib. Hal itu akan efektif apabila telah muncul kesadaran dari masyarakat sekitar dan mengetahui dengan pasti akan manfaat menjaga kelestarian binatang langka, baik untuk tujuan ekonomi, pendidikan maupun untuk kelestarian lingkungan itu sendiri. Apabila belum muncul kesadaran dari masyarakat, praktik kongkalikong akan tetap terjadi seperti selama ini.
·           Tidak melakukan transaksi terhadap binatang langka, terutama binatang hidup walaupun transaksi tetap terjadi, sebaiknya transaksi itu ditujukan untuk menyelamatkan binatang tersebut agar tidak dikuasai oleh orang yang kurang bertanggung jawab dan selanjutnya menyerahkan binatang tersebut kepada pihak yang berkompeten, dalam hal ini lembaga konservasi binatang langka dan lingkungan hidup. Langkah itu juga sebenarnya akan tercapai dengan baik apabila telah muncul kesadaran dari masyarakat sekitar. Namun, apabila kesadaran masyarakat masih rendah, akan rendah pula hasilnya. Dengan demikian, langkah yang paling utama dan pertama yang harus dilakukan adalah bagaimana melakukan proses pendidikan kepada masyarakat secara berkesinambungan. Proses pendidikan yang terus-menerus diharapkan akan memunculkan kesadaran. Kesadaran itulah sebenarnya yang paling dibutuhkan dalam langkah pelestarian binatang langka ini.
c.         Pada teks itu, kalian masih dihadapkan pada tema binatang. Namun,  kalian tahu bahwa jenis teks yang digunakan untuk mengungkapkan tema tersebut bukan laporan, melainkan prosedur. Dari mana kalian tahu bahwa teks itu tergolong ke dalam prosedur? Coba kalian cermati sekali lagi. Betulkah teks tersebut tergolong ke dalam prosedur? Perhatikan, dapatkah langkah-langkah yang ada diubah urutannya?
Ternyata, langkah-langkah itu dapat dibalik-balik. Padahal prosedur yang baik mengandung langkah-langkah yang tidak dapat dibalik-balik. Dapatkah kalian menjelaskan mengapa demikian?
Teks itu memang tergolong ke dalam prosedur meskipun langkah-langkahnya dapat dibalik-balik. Seperti telah kalian pahami dari Pelajaran 2, teks prosedur yang demikian itu disebut teks protokol.
Amatilah sekali lagi, ternyata teks protokol mempunyai struktur teks yang sama dengan struktur teks prosedur. Selain itu, prosedur dan protokol mengandung unsur-unsur kebahasaan yang sama, seperti partisipan manusia, kata kerja aksi, dan konjungsi yang menunjukkan syarat-syarat (jika, apabila).
d.        Susunlah kembali teks itu dengan mengubah nomor-nomor yang menunjukkan langkah-langkah tersebut dan dengan menyatakannya menjadi lebih ringkas. Pekerjaan kalian berhasil jika isinya tidak berbeda dengan teks semula.
e.         Masih dengan tema yang sama, yaitu binatang langka, buatlah tulisan yang berisi peristiwa atau keadaan yang menyebabkan binatang tertentu langka. Pada teks yang kalian buat, pada dasarnya kalian hanya menjawab pertanyaan Mengapa binatang dapat punah? Untuk memenuhi tugas ini, kalian tidak akan menggunakan teks laporan, deskripsi, atau prosedur. Kalian akan menggunakan teks eksplanasi, yaitu teks yang bertujuan menjelaskan bahwa keadaan tertentu disebabkan oleh keadaan sebelumnya dan dapat menyebabkan keadaan lain sesudahnya. Teks yang demikian itu mengandung penjelasan tentang sesuatu itu berada dalam keadaan seperti yang kita lihat sekarang.  Bandingkan hasil pekerjaan kalian dengan teks berikut ini. Perhatikan secara saksama bahwa teks tersebut memiliki struktur teks pernyataan umum dan urutan sebab-akibat. Bagaimana Binatang Dapat Punah?
·           Pernyataan Umum
Binatang tertentu menjadi langka dan terancam punah sebagai akibat dari perubahan kondisi alam, binatang pemangsa, dan perburuan yang dilakukan oleh manusia. 
·           Urutan Sebab-Akibat
Pertumbuhan penduduk di bumi ini menimbulkan bertambahnya permukiman, pabrik, perkantoran, dan lain-lain. Pembangunan permukiman, pabrik, dan perkantoran itu dilakukan dengan memanfaatkan wilayah hutan tempat berbagai jenis binatang hidup. Ketika hutan dirusak untuk tujuan-tujuan tersebut, habitat atau wilayah tempat binatang-binatang itu hidup akan berkurang. Hal itu menyebabkan ketersediaan pangan untuk binatang-binatang itu berkurang. Perubahan kondisi alam yang demikian itu menyebabkan kepunahan beberapa spesies binatang yang hidup di hutan tersebut.
·           Urutan Sebab-Akibat
Binatang pemangsa atau predator juga dapat mengurangi jumlah spesies binatang tertentu. Jumlah binatang terus berkurang karena binatang tertentu memangsa binatang yang lain. Dalam habitat yang terus menyempit, persaingan hidup di antara berbagai jenis binatang menjadi makin ketat. Binatang yang lemah menjadi mangsa binatang yang lebih kuat. Karena hewan tertentu memangsa binatang yang lain, jumlah binatang yang dimangsa menjadi terus-menerus berkurang hingga akhirnya punah.
·           Urutan Sebab-Akibat
Manusia ikut menyumbang kepunahan binatang karena manusia memburu jenis binatang tertentu tanpa kendali. Perburuan dilakukan untuk mendapatkan daging untuk dimakan oleh manusia atau untuk tujuan perdagangan binatang secara tidak sah atau untuk dibunuh agar bagian tubuhnya dapat dijual dengan harga mahal. Misalnya, gajah diburu untuk diambil gadingnya, harimau diburu untuk diambil kulitnya, kura-kura diburu untuk diambil cangkangnya. Jumlah binatang itu terus berkurang. Perburuan binatang secara tidak terkendali dapat menyebabkan jenis binatang tertentu punah.
f.          Bacalah teks itu sekali lagi dan amati bahwa hubungan sebab-akibat di dalamnya dinyatakan dengan konjungsi, seperti sebab, karena, dan ketika atau dengan kata-kata dengan kategori verba, seperti menyebabkan, membuat, menjadikan, menimbulkan, menyumbang, dan mengakibatkan, atau kata-kata dengan kategori nomina, seperti penyebab dan akibat.
g.         Sekarang kalian sudah mengetahui bahwa sebuah tema dapat diungkapkan berkali-kali dengan jenis teks yang sama atau dengan jenis teks yang berbeda. Hal yang menentukan apakah kalian akan menggunakan jenis teks laporan, deskripsi, prosedur, atau eksplanasi adalah tujuan yang akan kalian capai, yang  umumnya disampaikan pada bagian awal teks yang akan  kalian buat. Tujuan yang akan kalian capai melalui teks yang kalian buat itu adalah tujuan yang berkaitan dengan kenyataan hidup di masyarakat. Jadi, melalui teks, kita menjalani hidup. Melalui teks, kita berkomunikasi dengan sesama. 

0 komentar:

Posting Komentar