Jumat, 14 Maret 2014

Administrasi





BISM-1.TIFKATA PENGANTAR



Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya dan berkat dukungan dari kawan-kan,saya dapat menyelesaikan makalah Manajemen Pemasaran ini.
Semoga makalah ini dapat bermafaat dan dapat menambah wawasan bagi kita semua.







Meulaboh,  08   Februari 2014
                                                                                         Penulis


                                                                                        Fadhil Darmawi
 











DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR                                                                                                      i
DAFTAR ISI                                                                                                                    ii
BAB I   PENDAHULUAN                                                                                              1
A.      Latar Belakang                                                                                              1
B.       Rumusan Masalah                                                                                         1
C.       Tujuan                                                                                                            1
BAB II  PEMBAHASAN                                                                                                 2
A.      Pengertian administrasi                                                                                 2
B.       Proses administrasi                                                                                        5
C.       Fungsi administrasi                                                                                        4
BAB III                                                                                                                         PENUTUP                          5
A.      Kesimpulan                                                                                                    5















BAB  I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang
Menurut menurut Alex S Nitisemito (1991:55) Harga diartikan sebagai nilai suatu barang atau jasa yang diukur dengan sejumlah uang dimana berdasarkan nilai tersebut seseorang atau  perusahaan bersedia melepaskan barang atau jasa yang dimiliki kepada pihak lain. Harga merupakan satuan moneter atau ukuran lainnya (termasuk barang dan jasa) yang ditukarkan agar memperoleh hak kepemilikan atau penggunaan suatu barang atau jasa,
 Tjiptono (2001 : 151). Dan harga merupakan unsur satu-satunya dari unsur bauran pemasaran yang memberikan pemasukan atau pendapatan bagi perusahaan di banding unsur bauran pemasaran yang lainnya (produk, promosi dan distribusi).
Oleh karena itulah Administrasi diciptakan agar memudahkan semua orang untuk bekerja.

1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, kami merumuskan beberapa permasalahan yang akan kami bahas pada makalah ini, diantaranya :
1.      Apakahyang dimaksud dengan Administrasi?
2.      Bagaimanakah cara kerja Administrasi?
3.      Apa keguanaan administrasi?

1.3 Tujuan
Tujuan penyusunan makalah ini adalah sebagai berikut
1.         Memenuhi salah satu tugas mata pelajaran.
2.         Mencari tahu tentang Administrasi.
3.         Manambah wawasan ilmu pengetauan.




BAB II
PEMBAHASAN
1.4  Pengertian Administrasi
Administrasi adalah usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan. Jika menarik sebuah pengertian administrasi secara teori, banyak definisi administrasi yang di kemukakan oleh beberapa orang seperti berikut,
Menurut Ulbert, “Administrasi secara sempit didefinisikan sebagai penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara sistematis baik internal maupun eksternal dengan maksud menyediakan keterangan serta memudahkan untuk memperoleh kembali baik sebagian maupun menyeluruh. Pengertian administrasi secara sempit ini lebih dikenal dengan istilah Tata Usaha”
Menurut William Leffingwell dan Edwin Robinson, “Administrasi adalah cabang ilmu manajemen yang berkenaan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara efisien, kapan, dan dimana pekerjaan itu harus dilakukan.”
Sedangkan, menurut WH Evans “Administrasi adalah fungsi yang menyangkut manajemen dan pengarahan semua tahap operasi perusahaan mengenai pengolahan bahan keterangan, komunikasi, dan ingatan organisasi.”
Menurut George Terry, “Administrasi adalah perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.”
Pada pengertian di atas, terdapat dua perbedaan pengertian administrasi yaitu :
a)         Administrasi dalam arti sempit
Menurut Soewarno Handayaningrat mengatakan “Administrasi secara sempit berasal dari kata Administratie (bahasa Belanda) yaitu meliputi kegiatan catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketki-mengetik, agenda dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan”(1988:2).
b)        Administrasi dalam arti yang lebih luas
Menurut The Liang Gie mengatakan “Administrasi secara luas adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu”(1980:9).
Secara umum ilmu administrasi dibagi dalam dua cabang besar yakni : adminitrasi Negara dan administrasi niaga perbedaan antara dua cabang ilmu ini terletak pada fokus pembahasan atau objek studi.
The Liang Gie menyebutkan delapan cabang ke ilmuan berasal dari rumpun ilmu administrasi cabang-cabang yang dimaksud adalah :
1.         Ilmu Organisasi
2.         Ilmu Manajemen
3.         Ilmu Tata Hubungan
4.         Ilmu Administrasi Kepegawaian
5.         Ilmu Administrasi Keuangan
6.         Ilmu Administrasi Perkantoran
7.         Ilmu Hubungan Masyarakat
Administrasi amat erat hubungan dengan kegiatan-kegiatan pemberian jasa dan barang yang bersifat publik dalam hal pelaksanaan dan pemberian pelaksanaan kepada umum sedapat mungkin kedua fungsi dasar ini dilaksanakan oleh administrasi Negara secara efektif, efesien dan selaras sesuai dengan keinginan serta kebutuhan rakyat.
Peranan Administrasi diantaranya :
1.         Untuk mengembangkan lingkungan yang mampu mendorong munculnya insiatik perseorangan dan berlakunya control sosial dan kontruktif.
2.         Meningkatkan kemampuan dalam membuat deferminasi kebijakan public yang lebih berdaya guna agar kegiatan pemerintahan dapat diselenggarakan produktif, praktis serta selalu memperimbangkan ukuran ekonomis.

1.5 Proses Administrasi
Administrasi dapat dialami dengan melihat, membahas, dan memahami prosesnya. Berbuat demikhan berarti menganalisis langkah-langkah yang harus diambil langkah-langkah yang diambil dalam proses administari pada dasarnya terdiri dari:
1.        Perumusan dan penentuan tujuan akhir.
2.        Penyusunan, perumusan dan penentuan strategi dasar yang akan ditempuh.
3.        Penyusunan dan penetapan rencana sebagai rincian strategi.
4.        Penyusunan dan penentuan program kerja sebagai penjabaran rencana.
5.        Pemilihan struktur dan tipe organisasi yang dianggap paling tepat.
6.        Penggerakan para anggota organisasi.
7.        Penyelenggaraan kegiatan-kegiatan operasional.
8.        Pengawasan.
9.        Penilaian hasil yang dicapai.
10.    Penciptaan dan penggunaan sistem umpan balik yang handal.

1.6 Fungsi Administrasi
Setelah memahami bagaimana pengertian administrasi berikut landasan definisi-definisi yang telah dikemukakan, bagaimana fungsi administrasi pada sebuah organisasi? berikut ini uraiannya :
1.    Fungsi perencanaan
Pada proses perencanaan daam organisasi pada umumnya menyangkut terhadap keputusan, baik untuk meramalkan dan juga eksekusi keputusan tersebut. Dalam memperkirakan apa yang akan terjadi di masa datang, dilakukan berdasarkan apa yang terjadi di masa masa lalu dan masa kini. Semakin lengkap administrasi data yang diperoleh dan digunakan, maka akan semakin tepat penafsiran terhadap  ketepatan perkiraan perencanaan.
2.    Fungsi pengorganisasian
Pada dasarnya fungsi daripada sebuah organisasi berkenaan dengan usaha yang dilakukan untuk mengembangkan mata rantai pada hubungan kerja (formal) dan pembagian di dalam organisasi atau lembaga. Untuk mencapai pada maksud ini, pengorganisasian harus tepat dengan melibatkan usaha identifikasi terhadap setiap tugas-tugas yang akan dilaksanakan, mengelompokkan tugas-tugas sehingga merupakan satuan-satuan, untuk menetapkan wewenang yang diperlukan.
3.    Fungsi pengkoordinasian
Hubungan terhadap kegiatan-kegiatan ke arah pencapaian tujuan-tujuan adalah sebuah koordinasi. Jika telah ditetapkan pada semua pekerja mendapat hak untuk melaksanakan pekerjaan dengan cara yang dikehendaki sendiri, maka setiap orang dari pada mereka biasanya akan diberikan bimbingan oleh pikiran dan juga gagasan-gagasan mengenai ha yang dilakukannya tersebut.


BAB III
PENUTUP

1.7 Kesimpulan
Pengembangan di bidang administrasi dalam rangka peningkatan kemampuan administratif (administrative capability), bukan saja diperuntukkan dalam lingkungan pemerintahan saja, tetapi juga bagi organisasi-organisasi swasta dalam rangka pelaksanaan pembangunan nasional terutama dalam bidang pendidikan.
Administrasi adalah bagian dari manajemen dan sebaliknya manajemen juga bagian dalam administrasi. Administrasi keguruan di dalamnya mencakup tata usaha yang mempunyai peranan melancarkan kehidupan dan perkembangan suatu organisasi dalam keseluruhannya karena fungsinya sebagai pusat ingatan dan sumber dokumen.

http://htmlimg4.scribdassets.com/7ze80q75s037ar8s/images/3-101ba53474.jpg
























0 komentar:

Posting Komentar